Sola Flypassen a.k.a bandara Sola

Di Stavanger, cuma ada satu bandara internasional, namanya Sola Flypassen (kalau di artikan, Sola = matahari, fypassen = bandara), jadi bandara matahari. Kalau dilihat-lihat, ukuran bandaranya relatif kecil, dan baru belakangan ini aja diperluas. Tapi jangan salah, traffic pesawat di bandara ini super sibuk, karena Stavanger adalah oil hub nya Norway. Berhubung lapangan minyak dan gas di Norway kebanyakan di laut, dan Stavanger memang dulunya kota pelabuhan dekat laut.

Transportasi dari bandara ke kota bisa pake bis umum (Kolumbus.no) atau pake Flypassen Bus (yang ini emang lebih cepet sampe, karena cuma berhenti di beberapa halte bis. Tapi, jauh lebih mahal ketimbang pake bis umum. Untuk bis umum, sekali jalan bayar sekitar 38 NOK sampe ke city centre, sementara untuk Flypassen Bus, bayar sekitar 110 NOK. Jauh kan? ๐Ÿ™‚

Keluar dari pesawat, jalan beberapa langkah, langsung ketemu dengan duty free. Agak jarang nemu bandara seperti ini kalo nggak memang bandaranya yang kecil. Keluar duty free, keluar pintu exit dan turun ke bawah. Turunnya pun harus pake tangga! haha… ๐Ÿ˜€ Tapi rasanya ada elevator, walaupun nggak pernah pake. Begitu turun, langsung disambut dengan 3 conveyor belt buat bagasi. Ya, cuma 3! Ini kalo nggak salah memang khusus penerbangan international aja. Untuk penerbangan lokal memang di bagian bandara yang berbeda. Sempat agak bingung sewaktu pertama kali nunggu bagasi di bandara Sola ini, karena tempat nunggu bagasinya semacam ruang tunggu di tempat periksa ke dokter/rumah sakit (karena lantai dan dindingnya serba putih), dan tertutup alias nggak keliatan dari luar.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s