Perpustakaan (dan gratis)

Salah satu tempat yang mungkin jadi tempat wajib dikunjungi sewaktu dulu masih pacaran dulu adalah bioskop. Walaupun semenjak menikah dan punya anak, bioskop ini menjadi tempat ‘langka’ karena hampir nggak pernah di datengin lagi :p Gimana dengan bioskop di Stavanger? Hmm…

Judulnya emang perpustakaan, tapi kenapa nyambung dengan bioskop? Ya, karena salah satu bioskop atau movie theatre yang ada di Stavanger lokasinya satu tempat dengan perpustakaan di Stavanger Sentrum. Jujur aja, menurut saya, jauh lebih oke bioskop di Indonesia kemana-mana lho…:) Sempat juga dengar cerita yang sama dari temen-temen di Amerika sana (aneh ya, padahal kiblat dunia ke hollywood yang jelas-jelas ada di Amerika). Tapi, mungkin teman saya yang cerita ini selera nya mirip dengan saya, ya jadi jangan di generalisir ya 😉

Nah..Perpustakaan ini tempatnya oke punya, karena untuk bisa minjem ke buku, majalah, bahkan sampe DVD film, atau piringan musik, cukup nunjukkin  residence permit aja 🙂 Mostly, di semua perpustakaan di Stavanger memang system nya seperti ini (dan sepertinya di Norway secara umum). Tahun 2014, terakhir saya maen ke perpustakaan ini, mereka juga nyediain tempat khusus untuk mereka yang gemar main board game, dari mulai catur, game semacam ular tangga/monopoli, dsb. dengan setup meja lurus memanjang dengan kursi-kursi di kedua sisi meja nya, dan mereka yang duduk di meja ini bisa saling berhadap2an. Kebanyakan mereka pun nggak cuma maen board game ini, tapi juga sambil buka laptop karena di seluruh arena perpustakaan ini terdapat koneksi wireless internet gratis. Biasanya, banyak anak-anak sekolahan yang sengaja bawa laptop dan nongkrong sampe malem bareng temen-temennya sambil wi-fi an gratis. O ya, nggak semua tempat ada wi-fi gratis lho…Dulu, sebelum berangkat dan nggak punya pengalaman jalan-jalan ke luar negeri, selalu mikir kalau internet di luar negeri ada di mana-mana, hotspot kenceng dan gratis. Eh, ternyata, nggak juga 🙂 biasanya, ada wifi gratis, ada kocek minimal buat kopi atau teh yang musti dikeluarin buat ongkos kongkow2. Dan, kopi atau teh (baca: jajan) di Norway,,ehmm..mikir2 dulu deh dengan harganya …:)

Penasaran pengen ngubek-ngubek kaya apa? Click di sini.

Perpustakaan ini nggak cuma ada di Stavanger Sentrum koq. At least, untuk di Stavanger, ada lagi di Amfi Madla, dan juga tentunya di UiS (Universitetet i Stavanger). Selaen itu, di setiap kommune juga biasanya ada perpustakaan (dan gratis juga). Misal, perustakaan di Sola kommune bisa diliat di sini.

So, happy reading!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s