Tebing Preikestolen & batu kejepit Kjeragbolten

Preikestolen (the pulpit rock) dan Kjeragbolten, googling aja dan pasti langsung dapet informasi serta gambar-gambar yang mau dicari. Bahkan, google streetview nya pun sudah sampai lho ke puncak preikestolen ini! Artinya apa, kita bisa merunut jalur hiking nya dari bawah sampai ke atas tebing nya…:) Untuk mereka yang tidak hobi hiking seperti saya, mungkin ini jadi pengalaman tersendiri sebelum menerjal tebing benerannya.

Seinget saya, untuk sampai ke puncak tebing preikestolen ini butuh waktu sekitar 1-2 jam dari starting point di tempat parkiran mobil atau tempat turun bis. Memang, pace masing-masing orang berbeda-beda untuk hiking, tapi rute hiking preikestolen ini (menurut saya yang jarang hiking) termasuk ringan dan nggak terlalu berat. Dengan jalan santai, paling nggak 2 jam bisa sampai ke atas. Jangan salah, orang Norwegia sering banget hiking sambil gendong bayi sampai ke puncak (tentu dengan perlengkapan yang safe).

Mereka yang masih perlu tantangan ekstra, bisa naik level ke kjerag. Saya sendiri belum pernah ke kjeragbolten ini, tapi denger2 rute hiking nya lebih naik turun dan lebih panjang, bisa memakan waktu 3-4 jam, atau bahkan lebih. Jangan lupa bawa kamera ciamik sewaktu hiking, karena sia-sia kalau sampai nggak bisa pose di atas batu kejepit ini 🙂

Rute untuk sampai ke preikestolen bisa di baca di sini. Untuk kjeragbolten, bisa di lihat di sini.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s