Sandnes

Kali ini, saya mau bercerita tentang salah satu tempat yang hampir setiap minggu saya kunjungi sewaktu saya tinggal di Stavanger. Namanya Sandnes. Bukan sadness lho ya hehe…

Ini adalah salah satu kommune tetangga di bagian selatan Stavanger. Waktu tempuh sekitar 10 sampai 15 menit menyetir mobil dari pusat kota Stavanger, tidak terlalu jauh, karena bisa ditempuh via high way E18.

Satu alasan saya pertama untuk rutin berkunjung ke kommune ini adalah karena di kommune ini terdapat mesjid. Lokasi mesjid ini terletak persis di dekat terminal bis Sandnes, sehingga cukup mudah dijangkau oleh orang-orang. Walaupun di Stavanger pun terdapat mesjid, namun jarak tempuh dari kantor saya (di Forus) saat itu ke mesjid Sandnes lebih dekat dibanding ke mesjid di Stavanger. Hampir setiap hari Jumat, saya dan beberapa teman kantor, jumatan di mesjid Sandnes ini.

Alasan lain mengunjungi kommune ini adalah untuk belanja sembako, terutama daging. Tidak semua toko daging di Stavanger menjual daging halal, dan harga daging halal di Sandnes relatif lebih murah dibanding di Stavanger. Populasi kommune Sandnes memang banyak dihuni oleh kaum pendatang dari luar Norwegia, sehingga tidak heran jika banyak toko-toko Asia dan timur-tengah di kommune ini.

Salah satu toko Asia yang cukup sering saya kunjungi adalah toko Sandnes frukt og Grønt atau biasa disebut toko Ali (konon yang punya toko ini namanya Ali). Di sebelah toko ini terdapat restoran pizza dan hamburger halal yang murah meriah, cocok untuk dimakan bersama keluarga (haiah...ini bukan promosi lho ya). Di bawah mesjid Sandes pun sebenernya terdapat toko Asia yang namanya Marco. Biasanya orang lebih memilih ke toko Ali sebatas karena ukuran toko nya lebih besar dan menurut saya pribadi, lebih banyak macamnya.

Sandnes sendiri menjadi daerah yang cukup berkembang semenjak booming industri minyak dan gas di tahun 2012. Banyak foreigner profesional di bidang migas yang datang dan bekerja di Stavanger, kemudian membeli properti di Sandnes karena harganya yang memang lebih murah ketimbang di Stavanger dan lokasi yang tidak terlalu jauh jika ditempuh menggunakan kendaraan pribadi. Untuk ke kommune ini memang memakan waktu jika ditempuh menggunakan bis dari Stavanger Sentrum, sekitar setengah jam sampai 45 menit. Tidak heran memang jika di Stavanger banyak orang yang memilih untuk menggunakan mobil pribadi 🙂

Di kommune ini juga terdapat semacam hutan kota, dan cocok untuk bermain bersama anak-anak sewaktu udara tidak begitu dingin (spring atau summer). Website ini memberikan beberapa alternatif seputar kegiatan anak di Stavanger, dan Sandnes menjadi salah tempat yang cukup banyak terdapat pada daftar ini.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s